Bisnis Kedai Kopi

Keuntungan Membuka Bisnis Kedai Kopi

Dari dulu sampai dengan sekarang, kopi merupakan salah satu minuman yang paling banyak di sukai mulai dari remaja sampai dengan orang tua. Karena banyak yang menyukai minuman kopi, kini para pelaku wirausaha berlomba-lomba untuk membuka bisnis kedai kopi mulai dari kedai kopi yang murah seperti warung kopi (warkop) sampai dengan kedai kopi yang kelas atas seperti kafe-kafe di mall (starbucks). Pangsa pasar dari bisnis ini tentu sangat bagus, karena ada banyak anak muda yang menyukai kopi bahkan menjadikan minuman ini sebagai gaya hidup mereka. Perlu diketahui bahwa sebagus apapun peluang bisnisnya jika tidak di kelola dengan baik maka kalian akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan banyak keuntungan. Lalu bagaimana caranya supaya bisnis kopi (coffe shop) anda untung? Ikuti tips dibawah ini!

  1. Siapa Yang Menjadi Target Pasar Anda?
    Tips pertama yang perlu di perhatikan adalah kalian harus menentukan siapa yang menjadi target pasar kalian? Jika kalian mengincar anak muda dengan pendapatan dibawah rata-rata berati nilai jual kopi yang kalian tawarkan harus benar-benar terjangkau. Tetapi jika target pasar kalian adalah anak muda yang mempunyai uang jajan lebih maka kalian harus mengutamakan aroma kopi dengan citra rasa terbaik.
  2. Bekerjasama Dengan Supplier Yang Cocok Dengan Target Pasar Anda
    Kalian harus mendapatkan supplier yang sesuai dengan target pasar awal anda, ketika target pasar kalian adalah untuk kelas menengah kebawah maka kalian lebih mengutamakan harga jual yang murah. Tetapi, jika target pasar kalian adalah untuk kelas menengah ke atas maka kalian harus mengutamakan citra rasa yang berkualitas dan aroma kopi yang harum tentu nilai jualnya sangat tinggi karena sesuai dengan kualitas yang di berikan.
  3. Pilih Lokasi Bisnis Yang Tepat
    Lokasi juga salah satu faktor penentu kesuksesan berbisnis, karena percuma saja jika kalian sudah memberikan harga yang terjangkau dengan kualitas terbaik namun para calon konsumen cukup kesulitan untuk mengakses ke tempat anda. Jadi, perhatikan juga ya lokasi bisnis yang tepat dan sesuai dengan target pasar yang di awal sudah kalian bidik.
  4. Mempunyai Konsep Bisnis Yang Berbeda Dengan Yang Lainnya
    Saat ini sudah banyak sekali bisnis kedai kopi di setiap jalan dan tempat, jadi supaya kalian mampu bersaing dan menjadi kedai kopi terbaik di antara kedai-kedai lainnya maka kalian harus mempunyai konsep bisnis yang berbeda dari yang lainnya. Yang paling penting adalah kalian harus mengutamakan kenyamanan setiap pengunjung, karena pada dasarnya setiap orang yang menikmati kopi membutuhkan tempat yang nyaman dan santai untuk berdiskusi atau bisa juga untuk menenangkan dirinya sambil mencari inspirasi baru. Kalian juga bisa menggunakan konsep baru yaitu menyediakan berbagai buku dari penulis ternama sehingga para pengunjung yang datang sendirian bisa menikmati waktunya dengan meminum kopi sambil membaca buku yang sudah kalian siapkan.
  5. Berikan Fasilitas Terbaik
    Fasilitas terbaik juga menjadi salah satu faktor pendukung untuk memberikan kenyamanan pada setiap pengunjung, lalu seperti apa fasilitas terbaik itu? Yaitu fasilitas Free WiFi, lahan parkir yang luas, mempunyai spot foto yang bagus, musik indie / live band musik dan juga menjaga kebersihan tempat.
  6. Lakukan Promosi Untuk Mengenalkan Kedai Kopi Anda
    Promosi bisnis sangat penting dilakukan supaya produk atau jasa yang kalian jual mudah di ketahui oleh banyak orang. Pada pertumbuhan digital sekarang ini tentu kalian bisa melakukan promosi dengan mudah dan juga dengan biaya yang murah, karena kalian bisa melakukan review mengenai kedai kopi anda sendiri melalui blog atau melalui sosial media seperti instagram, facebook dan masih banyak lagi lainnya.
  7. Menyediakan Menu Kopi Yang Menjadi Identik Dari Kedai Itu
    Kalian harus memiliki menu kopi yang menjadikan menu tersebut sebagai identik dari kedai kopi yang kalian miliki, dari sekian banyaknya menu kopi yang kalian sajikan paling tidak ada satu atau dua menu spesial yang menjadikan menu tersebut sebagai ciri khas dari kedai kopi anda. Tidak hanya menu kopi saja, melainkan kalian juga harus memikirkan makanan ringan apa yang cocok untuk dikombinasikan dengan kopi. Sehingga selain menjual kopi, kalian juga menjual makanan ringan seperti roti dan kue manis lainnya.
  8. Aplikasi Pembayaran Yang Mudah
    Sekarang ini sudah serba teknologi bahkan untuk pembayaran pun sudah banyak orang yang memanfaatkan uang digital seperti yang ada pada aplikasi OVO, GOPAY dan DANA. Kalian bisa manfaatkan salah satu aplikasi tersebut sebagai media transaksi, karena sudah banyak orang yang lebih tertarik melakukan pembayaran dengan menggunakan salah satu aplikasi tersebut ketimbang harus membawa uang cash.

Baca Juga: Tips Membuka Bisnis Warung Makan

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan ini bahwa kalian bisa mendapatkan keuntungan yang besar dari membuka bisnis kedai kopi jika dilakukan dengan cara serta konsep yang sesuai dengan target pasar anda.

Theme BCF By aThemeArt - Proudly powered by WordPress .
BACK TO TOP