Bisnis Warung Makan

Tips Membuka Bisnis Warung Makan

Satu diantara bisnis yang tidak ada matinya adalah bisnis warung makan, kenapa? Karena dari hari ke hari pertumbuhan masyarakat semakin meningkat, sehingga banyak dari mereka membutuhkan jasa kuliner untuk memenuhi kebutuhan primer seperti pangan. Ada berbagai jenis konsep usaha rumah makan, seperti Rumah Makan Sederhana, Warung Makan, Prasmanan, Lesehan dan masih banyak lagi lainnya.

Jika kalian memiliki minat untuk membuka bisnis warung makan, maka saya akan memberikan beberapa tips yang bisa kalian ikuti. Karena untuk memulai usaha kuliner tentunya tidak mudah, ada beberapa hal yang harus di pertimbangkan seperti dari modal dan lokasi. Dan yang perlu kalian ketahui adalah jangan pernah membuat usaha makanan yang sedang lagi “trend” (populer), karena yang namanya trend hanya bersifat “sementara” sehingga usaha yang kalian bangun tidak akan mampu bertahan dalam waktu jangka panjang. Lalu bagaimana cara memulai bisnis usaha kuliner supaya mampu bertahan dalam waktu lama? Berikut tips dari saya:

  1. Pilih Lokasi Usaha Yang Cukup Strategis
    Lokasi strategis itu seperti apa? Tentu lokasi yang dilalui banyak orang, contoh dari lokasi strategis adalah kawasan perkantoran, sekitar gedung sekolah atau kampus, perumahan, tempat wisata dan linkungan pasar atau mal. Lokasi yang tepat tentu membantu bisnis anda untuk berkembang lebih cepat, karena lokasi merupakan satu diantara faktor yang mempunyai pengaruh besar terhadap keberhasilan suatu usaha. Jika kalian belum menemukan lokasi yang tepat, maka solusinya adalah kalian harus menggunakan media promosi untuk memasarkan menu makanan andalan usaha kalian tersebut.
  2. Membuat Menu Makanan Andalan
    Setelah sudah mendapatkan lokasi maka langkah selanjutnya adalah membuat menu andalan yang menjadi ciri khas dari bisnis warung makan anda. Tapi sebelum ketahap ini, kalian harus melakukan riset atau penelitian untuk mencari tahu selera makanan untuk konsumen di lokasi tersebut seperti apa. Cara melakukan riset tentu sangat sederhana, yaitu kalian hanya perlu melihat pesaing menjual menu makanan apa dan bisa kalian tiru dan mengubahnya menjadi masakan yang lebih enak dari yang sudah di buat oleh pesaing. Setelah itu, kalian membuat menu makanan andalan kalian sendiri supaya menjadi salah satu ciri khas dari warung makan kalian.
  3. Tentukan Target Pasar
    Dari usaha makanan tersebut siapa yang menjadi target pasar kalian? Karena percuma saja jika kalian menjual makanan dengan harga yang sangat terjangkau namun menu makanan yang ditawarkan bukanlah selera dari calon konsumen kalian.
  4. Menjaga Kebersihan
    Kebersihan merupakan faktor yang sangat penting, karena ketika warung makan kalian kotor maka banyak konsumen yang tidak akan merasa nyaman. Jika tempat makan nya saja kotor maka banyak konsumen yang akan berpikiran bahwa usaha warung makan kalian tidak higenis atau tidak baik untuk kesehatan konsumen.
  5. Mempunyai Sumber Daya Manusia Yang Profesional
    SDM profesional disini seperti tukang masak, bagian kasir dan juga pelayan. Kalian harus memiliki tukang masak yang cukup profesional di bidangnya sehingga para konsumen tidak akan menunggu terlalu lama untuk pesanan makannya datang. Kasir juga harus bekerja secara profesional sehingga tidak akan menimbulkan antrian yang panjang, begitu juga pada pelayan harus melayani dengan baik setiap pengunjung yang datang.
  6. Menyediakan Lahan Parkir Yang Cukup
    Lahan parkir juga perlu di perhatikan karena hal ini merupakan salah satu faktor yang membuat nyaman konsumen, jadi jangan sampai orang menjadi malas masuk ke warung makan anda karena tidak mendapatkan lahan parkir yang memadai.
  7. Manfaatkan Media Sosial Untuk Lakukan Promosi
    Kalian bisa memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi secara gratis, bahkan jika kalian memiliki modal lebih maka kalian bisa memanfaatkan jasa dari influencer untuk bekerjasama.

Baca Juga: Ingin Penjualan Anda Meningkat? Ikuti Strategi Pemasaran Ini

Sekian tips dari saya untuk kalian yang ingin membuka bisnis warung makan sebaiknya perhatikan tips yang sudah saya bagikan ini, supaya usaha kuliner kalian mampu bersaing dengan pesaing lainnya.

Theme BCF By aThemeArt - Proudly powered by WordPress .
BACK TO TOP